@phdthesis{UNY14262, year = {2014}, school = {PGSD}, title = {PERILAKU SCHOOL BULLYING DI SD N GRINDANG, HARGOMULYO, KOKAP, KULON PROGO, YOGYAKARTA}, author = {Darmalina Bibit}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku school bullying di Sekolah Dasar Negeri Grindang, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Subjek penelitian awal adalah seluruh guru dan siswa di SD N Grindang. Setelah melakukan observasi awal dan wawancara pada seluruh guru maka subjek penelitian dipersempit menjadi guru kelas II (WK), guru kelas VI (SW), guru pendidikan jasmani dan kesehatan (SM), siswa kelas II AP, IS, AA, FRM, MAM dan APF serta siswa kelas VI, yaitu AM, APA, NS, JS dan EK. Lokasi penelitian adalah di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Grindang, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan obervasi non partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi school bullying di Sekolah Dasar Negeri Grindang dengan hasil sebagai berikut. (1) kurangnya pengetahuan guru mengenai school bullying, serta pendpat guru yang mengatakan kenakalan di sekolahnya masih wajar; (2) reaksi yang ditunjukkan korban adalah, diam, takut atau menangis; pelaku menunjukkan perilaku acuh dan senang; sedangkan penonton menunjukkan reaksi, melawan pelaku, membela pelaku atau diam; (3) bentuk school bullying yang terjadi adalah bentuk fisik (memukul dengan gagang sapu, memukul dengan tangan, mendorong) dan non fisik (verbal: mengancam, memaksa, menyoraki, meledek; non verbal langsung: membentak, memarahi, memerintah, menunjuk-nunjuk dengan jari; non verbal tidak langsung: pengucilan). Kata kunci: perilaku, guru, siswa, school bullying}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14262/} }