%0 Thesis
%9 S1
%A Nur Hanifah, Herowati
%B Fakultas Ilmu Pendidikan
%D 2015
%F UNY:14258
%I PG PAUD
%T PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN (MEASUREMENT) MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELOMPOK B2TK SURYODININGRATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA
%U http://eprints.uny.ac.id/14258/
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengukuran (measurement) anak kelompok B2 melalui pendekatan inkuiri terbimbing di TK Suryodiningratan Mantrijeron Yogyakarta.  Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian  ini anak usia dini 5-6 tahun  yang tergabung dalam kelompok B2 yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif  dan  deskriptif  kuantitatif.  Penelitian  ini  terdiri  dari  perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi.  Hasil		penelitian	menunjukkan	adanya	peningkatan	kemampuan pengukuran	anak   kelompok   B2	setelah   diberi   tindakan   berupa   kegiatan pengukuran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Peningkatan kemampuan pengukuran panjang mengalami kenaikan sebesar 27% dengan nilai rata-rata mencapai 8,5. Kemampuan pengukuran massa mengalami kenaikan sebesar  28%  dengan  nilai  rata-rata  mencapai  8,1.  Kemampuan  pengukuran volume mengalami kenaikan sebesar 26% dengan nilai rata-rata mencapai 8,3. Dengan hasil tersebut maka pendekatan inkuiri terbimbing dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pengukuran anak.      Kata  kunci:  kemampuan  pengukuran,  pendekatan  inkuiri  terbimbing,  anak kelompok B2