%T HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN KLATEN TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Penelitian ini berdasarkan observasi yang dilatarbelakangi pentingnya kecerdasan emosi, motivasi belajar dan kemandirian belajar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengkaji hubungan kecerdasan emosi dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD se-Kecamatan Klaten Tengah yang telah diambil secara random sampling dengan jumlah siswa 233 orang. Instrumen yang digunakan berupa skala. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien alpha cronbach. Adapun analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar dengan nilai F hitung sebesar 394,407 (p=0,000). Dari hasil penelitian diketahui pula dalam variabel kecerdasan emosi, aspek mengelola emosi memiliki nilai prediksi paling besar terhadap kemandirian belajar (Beta=0,428, p=0,000), sedangkan dalam variabel motivasi belajar aspek tekun dalam belajar memiliki prediksi paling besar terhadap kemandirian belajar (Beta=0,330, p=0,000). Kata kunci: kecerdasan emosi, motivasi belajar, kemandirian belajar %D 2014 %A Dewi Paramita %I PGSD %L UNY14253