TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi guided discovery terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Se-Guus Budi Wiyata II Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Budi Wiyata II Kecamatan Magelang Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive dengan diperoleh 3 SD yaitu SD Negeri Kramat 1, SD Negeri Kramat 4, dan SD Negeri Kramat 5, serta teknik random dengan cara undian sehingga diperoleh SD Negeri Kramat 1 sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri Kramat 4 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan tekik analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan implementasi guided discovery terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD se-Gugus Budiwiyata II. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikasi 5% diperoleh t hitung (4,049) > t tabel (1,998). Prestasi belajar IPA yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 72,37 dan mean kelompok kontrol sebesar 53,94. Kata kunci : Guided Discovery, Pembelajaran IPA, Prestasi Belajar M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/14239/ Y1 - 2014/// ID - UNY14239 AV - public A1 - Renita Putri, Prastiwi TI - PENGARUH IMPLEMENTASI GUIDED DISCOVERY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS BUDIWIYATA II KECAMATAN MAGELANG UTARA PB - PGSD ER -