TY - THES AV - restricted M1 - tesis KW - motivasi belajar KW - strategi pembelajaran KW - kompetensi guru KW - prestasi belajar PB - UNY Y1 - 2015/03/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh motivasi belajar (X1), strategi pembelajaran menurut persepsi siswa (X2) dan kompetensi guru menurut persepsi siswa (X3) terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah populasi sebesar 1737 siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Gorontalo. Besar sampel yang dipilih sebanyak 315 siswa dengan menggunakan rumus perhitungan sampel menurut Isaac & Michael. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket 1 digunakan untuk menjaring data variabel motivasi belajar, angket 2 digunakan untuk menjaring data variabel strategi pembelajaran dan angket 3 digunakan untuk menjaring data variabel kompetensi guru. Penelitian dilakukan sejak bulan Mei-Juni 2014. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo dengan hasil tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo dengan hasil tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (3) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru menurut persepsi siswa terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo dengan hasil tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. dan (4) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar, strategi pembelajaran menurut persepsi siswa dan kompetensi guru menurut persepsi siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo sebesar 0,000 dengan Fhitung = 117,58 lebih besar dari Ftabel = 2,71 dan p = 0,000. p lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar, strategi pembelajaran menurut persepsi siswa dan kompetensi guru menurut persepsi siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo. TI - Pengaruh Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran Menurut Persepsi Siswa dan Kompetensi Guru Menurut Persepsi Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo A1 - Ismail, Nurain rahim ID - UNY14238 UR - http://eprints.uny.ac.id/14238/ ER -