%0 Thesis %9 S1 %A Novi, Handayani %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2014 %F UNY:14207 %I PGSD %T IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI MARGOYASAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/14207/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kedisiplinan dan hambatan-hambatan yang dihadapi di Sekolah Dasar Negeri Margoyasan, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kedisiplinan melalui penerapan peraturan, hukuman, penghargaan. Nilai disiplin sudah konsisten dan tetap penerapannya bagi siswa dan untuk dewan guru belum konsisten. Penerapan hukuman dan penghargaan kepala sekolah dalam bentuk pembinaan-pembinaan kepada siswa. Guru dalam mengimplementasikan kedisiplinan di sekolah melalui nasehat untuk selalu disiplin, memberi contoh langsung dan membiasakan anak hidup disiplin melalui empat unsur disiplin, yakni peraturan yang tetap, hukuman tegas, penghargaan, dan konsistensi. Nilai disiplin sudah konsisten dan tetap penerapannya bagi siswa. Kepala sekolah dan guru dalam menanamkan kedisiplinan pada siswa bersifat demokratis. Hambatan-hambatan yang dihadapi di Sekolah Dasar Negeri Margoyasan, Yogyakarta adalah kesibukan guru yang mengabaikan pendidikan untuk mendisiplinkan siswa, kurangnya kesadaran atau kepedulian orang tua terhadap pendidikan, dan tidak disiplinnya sebagian guru di sekolah. kata kunci: pendidikan, nilai-nilai kedisiplinan, sekolah dasar negeri margoyasan yogyakarta