%0 Thesis %9 S1 %A Amaliyah, Fitri Rizqi %B Pendidikan Kimia %D 2014 %F UNY:14201 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T PENGEMBANGAN MEDIA POP UP AMAZING CHEMS MATERI KOLOID SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KIMIA KELAS XI SMA/MA %U http://eprints.uny.ac.id/14201/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku Pop up Amazing Chems materi koloid sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kimia kelas XI SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitan ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mencakup tahap analisis, tahap desain, tahap pembuatan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Produk hasil pengembangan kemudian di ditinjau oleh peer reviewer, ahli materi dan ahli media. Produk yang telah melalui tahap revisi kemudian dinilaikan kepada 5 orang pendidik kimia untuk menetukan kualitas buku Pop up Amazing Chems. Penelitian produk mencakup tiga aspek yaitu aspek materi, penyajian dan tata bahasa. Hasil penelitian pengembangan buku Pop up Amazing Chems materi koloid sebagai sumber belajar mandiri kimia kelas XI SMA/MA yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, secara keseluruhan memiliki nilai 4.732 dan presentase keidealan 94.64%. Buku Pop up Amazing Chems yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas XI.