TY - THES A1 - Saryanto, - PB - PGSD Y1 - 2014/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan cinta lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Piyaman I Wonosai Gunungkidul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan cinta lingkungan di Sekolah Negeri Piyaman I dilaksanakan dengan cara (1) Pengembangan kurikulum sekolah meliputi program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin piket dan SMUTLIS, kegiatan spontan, keteladan, dan pengkondisian sekolah. Pengintegrasian diupayakan dalam semua mata pelajaran. Budaya sekolah melalui program 10K, SMUTLIS, apotek hidup, tamanisasi, ruang dan fasilitas, motivasi kepada siswa, penerapan hadiah dan hukuman, dan pengembangan karakter cinta lingkungan, kepedulian, dan tanggungjawab. (2) Pengembangan proses pembelajaran kelas dengan praktek dan pengamatan langsung, sekolah dengan pengarahan dan lomba, dan luar sekolah dengan pramuka, kunjungan ke luar sekolah dan outbond/wisata. (3) Pengembangan kesehatan sekolah meliputi pemeliharaan ruang dan bangunan, pencahayaan dan ventilasi udara ruang kelas yang memadai, pengelolaan fasilitas sanitasi, pengelolaan kantin/warung, pencegahan lingkungan dari jentik nyamuk, larangan dan penyuluhan bahaya rokok, dan promosi hygieni dan sanitasi dengan poster serta himbauan/ajakan. Kata kunci: pendidikan, pelaksanaan, cinta lingkungan. UR - http://eprints.uny.ac.id/14180/ M1 - skripsi ID - UNY14180 AV - public TI - PELAKSANAAN PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PIYAMAN I WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA ER -