TY - THES N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V di SDN Wonosari 1 Turi Sleman dengan menggunakan metode mind mapping. Guru sebaiknya mampu menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran menulis karangan narasi, sehingga pembelajaran yang disampaikan dapat bermakna bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonosari 1 Kecamatan Turi Kabupaten Sleman pada tahun ajaran 2013/2014. Variabel yang menjadi saran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan narasi, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mind mapping. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Wonosari 1 yang berjumlah 25 siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dalam 2 siklus dengan menggunakan dua instrumen penilaian yaitu pengamatan dan tes siswa. Dilihat dari evaluasi siklus pertama sampai siklus kedua didapat nilai rata-rata kelas pada tes akhir sebesar 73,2 dalam siklus pertama, kemudian rata-rata tes akhir pada siklus kedua sebesar 76,2. Peningkatan proses dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas menulis, perhatian, patisipasi, dan antusias siswa dalam mengarang narasi. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode mind mapping, dapat mempermudah siswa dalam menuangkan ide atau gagasannya dalam bentuk karangan narasi. Selain itu juga siswa menjadi kreatif, aktif, dan termotivasi dalam pembelajaran menulis karangan. Kata kunci: karangan narasi, mind mapping Y1 - 2015/03/25/ A1 - Dian, Nurmala PB - PGSD AV - public TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDN WONOSARI 1 TURI SLEMAN M1 - skripsi ID - UNY14148 UR - http://eprints.uny.ac.id/14148/ ER -