%0 Thesis %9 S1 %A Nuraeni, . %A Aman, %B Pendidikan Sejarah %D 2015 %F UNY:14106 %I Fakultas Ilmu Sosial %T IMPLEMENTASI METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 3 MAN YOGYAKARTA III %U http://eprints.uny.ac.id/14106/ %X Minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III kurang optimal dimana salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu ketidaktepatan metode yang diterapkan sehingga siswa merasa cepat bosan dalam pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Gallery Walk untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan 3 tahap, yaitu: diskusi kelompok, peng-Gallery an, dan saling berkunjung ke Gallery kelompok lain. Sumber data dari penelitian ini berasal dari guru dan siswa adapun pengambilan data melalui observasi langsung selama proses pembelajaran, wawancara dengan guru, wawancara dengan siswa dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode Gallery Walk pada siklus I rata-rata minat belajar siswa mencapai 74.8% dimana belum memenuhi indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu ≥75%. Berdasarkan hasil refleksi siklus I dilakukan perbaikan, di siklus II metode Gallery Walk dikombinasikan dengan Hand Out untuk mempermudah siswa dalam melakukan diskusi kelompok, sehingga rata-rata minat belajar siswa menjadi 80.1%. Sebagai penguatan hasil, dilakukan siklus III metode Gallery Walk dikombinasikan dengan Hand Out dan gambar, sehingga rata-rata minat belajar siswa mencapai 83.2%. Penerapan metode Gallery Walk untuk meningkatkan minat belajar siswa perlu dikombinasikan dengan Hand Out dan gambar untuk mewujudkan pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga terciptanya pembelajaran yang menyenangkan, aktif, kreatif dan efektif.