@phdthesis{UNY14079, year = {2014}, title = {HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA}, author = {Anggraeni Citra Dewi}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14079/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, DIY, berjumlah 127 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Random Sampling. Alat pengumpulan data berupa skala motivasi berprestasi dan skala prokrastinasi akademik. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan expert judgment, sedangkan reliabilitas dengan menggunakan formula Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,84 pada motivasi beprestasi dan 0,86 prokrastinasi akademik. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dengan program IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0,529 dan p = 0.000 (p {\ensuremath{<}}0.05), artinya semakin rendah motivasi berprestasi, maka semakin tinggi prokrastinasi akademiknya. Sebaliknya jika motivasi berprestasi tinggi, maka semakin rendah prokrastinasi akademiknya. Sumbangan efektif dari motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik sebesar 28,0\%, dengan demikian sumbangan sebesar 72,0\% berasal dari faktor lain seperti faktor lingkungan, pola asuh, tugas yang menumpuk, dan sebagainya yang belum diikutsertakan dalam penelitian ini. Kata kunci: motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik.} }