@phdthesis{UNY14068, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, year = {2015}, author = {Slamet Riyadi}, title = {Strategi Musyawarah Guru mata Pelajaran (MGMP) IPS dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru IPS SMP di Kabupaten Purbalingga}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi MGMP IPS SMP dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional guru IPS SMP di Kabupaten Purbalingga yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah pengurus MGMP IPS di Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menujukan Strategi MGMP IPS Kabupaten purbalingga dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional dilakukan melalui tiga tahap. (1) Perencanaan meliputi membuat daftar kebutuhan guru, analisis dan pembahasan program, penyusunan program kerja, pengesahan program kerja, dan membuat matrik program kerja. (2) Pelaksanaan program meliputi pembentukan panitia, sosialisasi program kerja, pelaksanaan program kerja, (3) Evaluasi meliputi evaluasi panitia, evaluasi pengurus Pokja, dan evaluasi pengurus Forum. Program kerja MGMP pengembangan kompetensi pedagogik antara lain program penyusunan naskah soal, analisis kurikulum dan pengembangan silabus, dan Pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran. Program kerja MGMP pengembangan kompetensi profesional antara lain pelatihan/workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK), program pendalaman materi IPS terpadu, dan Studi lapangan. (4) Kendala strategi yang dihadapi adalah kinerja Humas belum optimal, partisipasi anggota, dan waktu pelaksanaan program tidak boleh dilaksanakan ketika jam efektif mengajar antara pukul 07.00-10.00. Kata kunci : strategi, MGMP, kompetensi pedagogik, dan profesional.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14068/} }