@phdthesis{UNY14062, year = {2014}, school = {Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam}, title = {PENGEMBANGAN ?CHEMISTRY MIND MAP PLUS? BERBASIS FLASH PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON UNTUK KELAS XI SMA/MA}, author = {Marsiana Anjani}, month = {September}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14062/}, abstract = {Tujuan penelitian adalah mengembangkan Chemistry Mind Map Plus berbasis flash pada materi senyawa hidrokarbon untuk kelas XI SMA/MA dan mengetahui kualitas media pembelajaran tersebut. Media ini merupakan media pembelajaran berbantuan komputer (computer assisted instruction/CAI). Materi pembelajaran disusun berdasarkan kurikulum 2013 pada kompetensi dasar mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon dan kompetensi dasar menggolongkan senyawa hidrokarbon (alkana, alkena, dan alkuna) berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa. Pengembangan terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Metode pengambilan data untuk mengetahui kualitas media pembelajaran dilaksanakan melalui peninjauan dan penilaian oleh 5 orang guru SMA/MA. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor penilaian media pembelajaran dan data kualitatif berupa saran dan komentar dari peer reviewer dan reviewer. Hasil pengembangan Chemistry Mind Map Plus ini dikemas dalam CD pembelajaran. Berdasarkan perhitungan statistik, kualitas media pembelajaranini dikategorikan sangat baik secara keseluruhan dengan persentase keidealan 85\%. Aspek pembelajaran, tampilan dan pemrograman termasuk kategori sangat baik, dengan persentase keidealan berturut-turut 87\%, 84\% dan 87\%. Untuk aspek isi termasuk kategori baik dengan persentase 83\%. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran Chemistry Mind Map Pluslayak digunakan dalam proses pembelajaran.} }