@phdthesis{UNY14055, title = {Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Kemampuan Guru dan Kelengkapan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar IPS pada Siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara}, year = {2015}, author = {Hidayah Dwi Lestari}, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan guru dengan prestasi belajar IPS pada siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara, (2) hubungan antara kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara, (3) hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan guru dan kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa MTS Negeri 1 Banjarnegara kelas VII, VIII, IX yang berjumlah 726 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengampilan sampel berupa simple ramdom sampling dengan sampel sebesar 258 orang yang didasarkan pada metode perhitungan sampel dari metode Slovin (1993). Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi untuk memperoleh data nilai siswa. Uji validitas dengan korelasi product moment dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis 1 dan 2 adalah korelasi product moment, sedangkan untuk menguji hipotesis 3 adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan guru dengan prestasi belajar IPS pada siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara yang ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,509{\ensuremath{>}}0,113) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,0000,113) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,0003,03) dan nilai signifikan 0,000}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14055/} }