%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada materi familymelalui lagu pada siswa kelas V SD N Piyaman II, Wonosari. Penguasaan kosakata yang dimaksud dalam penelitian ini adalah membaca kosakata, menulis kosakata dan mengartikan kosakata. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas V di SD N Piyaman II, Wonosari. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desainpenelitianmenurutKemmisdanMc Taggart. Metode pengumpulandatayangdigunakanadalah tes,unjuk kerja, observasi dancatatan lapangan. Instumen yang digunakan adalah lembar observasi rating scale siswa dan guru, lembar soal isian singkat dan lembar catatan lapangan. Teknikanalisisdata yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dalam siklus I menunjukkan kemampuan siswa mengartikan kosakata materi family adalah 67 dan dalam siklus II menjadi 84, kemampuan siswa membaca kosakata materi familydan adalah 70 dalam siklus II meningkat menjadi 82, sementara kemampuan siswa menulis kosakata materi family adalah 73 dan dalam siklus II meningkat menjadi 90. Peningkatan aktivitas siswa sebanyak 47% dari siklus I 43 % dan siklus II 90 %. Berdasarkan penelitian ini, lagu merupakan media efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Kata Kunci: penguasaan kosakata, lagu, siswa SD kelas V %A Perwitasari Ningrum %I PGSD %T PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MATERI FAMILY MELALUI LAGU PADA SISWA KELAS V SD N PIYAMAN II, WONOSARI %D 2014 %L UNY14041