%0 Thesis %9 S1 %A Yonita Sari Nurlita, Dewi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:14032 %I PGSD %T PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SADEWA KECAMATAN TEMANGGUNG %U http://eprints.uny.ac.id/14032/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan konsep diri dan kepercayaan diri siswa kelas V SD se-Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung dan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa kelas V SD se-Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung dengan jumlah 198 siswa. Jumlah sampel diambil berdasarkan rumus Slovin sebanyak 132 siswa. Pengambilan sampel secara proporsional random sampling.Pengumpulan data menggunakan skala yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas dan linieritas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep diri termasuk dalam kategori sedang dan kepercayaan diri termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa konsep diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri siswa kelas V SD se-Gugus Sadewa Temanggung tahun ajaran 2013/2014 yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi (r) yaitu 0,741 dengan nilai thitung sebesar 12,570 dan ttabel = 1,978, sehingga thitung > ttabel.Sumbangan efektif konsep diri dalam mempengaruhi kepercayaan diri sebesar 54,9% dengan persaman regresi Y=28,132 + 1,057X. Kata kunci: konsep diri, kepercayaan diri