@phdthesis{UNY14030, month = {March}, title = {PENGEMBANGAN TEACHING MATERIALS POKOK BAHASAN POLIMER UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN}, author = {Dyah Titik Febriana}, school = {Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam}, year = {2014}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengetahui langkah-langkah mengembangkan teaching materials pokok bahasan Polimer untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan yang memenuhi kualitas teaching materials yang baik, (2) mengetahui kualitas teaching materials pokok bahasan Polimer untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Pengembangan teaching materials ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapatkan masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Pengembangan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan analisis data. Penilaian dilakukan oleh guru kimia SMK/MAK di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan pada 5 komponen meliputi 5 aspek penilaian untuk masing-masing komponen dengan total 98 indikator penilaian. Lima komponen yang dinilai yaitu silabus, RPP, handout, LKPD, dan media power point. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas teaching materials. Produk penelitian ini berupa teaching materials pokok bahasan Polimer untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Teaching materials ini dikemas dalam bentuk buku dan CD. Komponen yang dikemas dalam bentuk printout adalah silabus, RPP, handouts, dan LKPD sedangkan CD berisi media power points. Kualitas teaching materials yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian oleh 5 orang reviewer (guru kimia SMK/MAK) adalah baik (B) dengan skor rata-rata 396,2 dan presentase keidealan sebesar 80,86\%. Skor rata-rata yang diperoleh komponen silabus, RPP, handout, LKPD, dan power point pada teaching materials yang telah dikembangkan secara berurutan adalah 86,2 (baik); 87,4 (baik); 94,6 (sangat baik); 42,2 (sangat baik); dan 85,8 (baik). Skor tersebut dapat dinyatakan dalam persentase keidealan, yaitu 78,36; 79,45; 86; 84,8; dan 78\%.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14030/} }