TY - THES Y1 - 2013/12// N2 - Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya guru dalam menciptakan pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan berdasarkan empat kompetensi di SD Negeri Bumirejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa optimal persepsi guru kelas terhadap kompetensi guru pendidikan jasmani yang belum bersertifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Responden atau informan dalam penelitian ini adalah guru kelas, dan kepala sekolahserta sebagian siswa di SD Negeri Bumirejo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru kelas mengenai kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri Bumirejo belum optimal. Dilihat dari kompetensi pedagogik guru pendidikan jasmani dalam mengelola pembelajaran dan memberikan materi ketika pembelajaran belum sesuai dengan acuan RPP dan silabus, serta pemanfaatan sarana fasilitas dan prasarana pendidikan jasmani belum sepenuhnya dilakukan. Dilihat dari kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani belum memiliki dan mencerminkan keribadian yang dapat menjadi teladan bagi siswa. Dilihat dari kompetensi sosial guru pendidikan jasmani mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan siswa, sesama pendidik, dan wali murid supaya pembelajaran dapat tercapai sesuai tujuan yang ditetapkan. Dilihat dari kompetensi profesional guru pendidikan jasmani belum sepenuhnya mampu menguasai konsep, materi, teknik-teknik dalam bidang olahraga, selain itu kualifikasi akademik guru pendidikan jasmani belum berlatar belakang sarjana atau S1. Kata kunci:Kompetensi guru yang belum bersertifikasi. A1 - Yanu, Aviliana M1 - skripsi ID - UNY13987 TI - PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN YANG BELUM BERSERTIFIKASI DI SD NEGERIBUMIREJO KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/13987/ ER -