%0 Thesis %9 S1 %A Ratna Sari, Agustina %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2014 %F UNY:13971 %I PGSD %T HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINANGURU TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASARSE GUGUS MINOMARTANI YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/13971/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se Gugus Minomartani, Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi siswa kelas V Sekolah Dasar Se Gugus Minomartani, Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.Penelitian ini menggunakan jenis survei.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar se Gugus Minomartani dengan jumlah 101 siswa.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan angket.Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwagaya kepemimpinan situasional guru berhubungan signifikan dengan prestasi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai sig yaitu 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran ada hubungan positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se Gugus Minomartani, Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: Gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran, prestasi belajar.