@phdthesis{UNY13933, school = {PGSD}, year = {2014}, month = {April}, author = {Marlina Ike}, title = {PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS II KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pola asuh yang diterapkan orang tua siswa, 2) tingkat kecerdasan emosi siswa, dan 3) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosi. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 260 siswa. Jumlah sampel diambil berdasarkan teknik cluster random sampling yaitu 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis diolah dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) seluruh orang tua dari siswa kelas V SD se-gugus II Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta menerapkan pola asuh otoritatif, 2) persentase tingkat kecerdasan emosi siswa yaitu: 16,67\% siswa tergolong kecerdasan emosi tinggi, 67,78\% siswa tergolong kecerdasan emosi sedang, dan 15,55\% siswa tergolong kecerdasan emosi rendah, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan emosi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung variabel pola asuh otoritatif dan variabel kecerdasan emosi yaitu 0,236. rtabel sebesar 0,207. Terbukti rhitung lebih besar dari rtabel. Besarnya sumbangan pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan emosi adalah 5,5\%, sedangkan 94,5\% ditentukan oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosi Siswa.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/13933/} }