@phdthesis{UNY13922, title = {Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Man Yogyakarta 1}, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, year = {2015}, author = {Aniska Riskiati}, abstract = {Kemampuan berpikir spasial sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, maka kemampuan berpikir spasial harus dilatih sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui manfaat citra penginderaan jauh terhadap kemampuan berpikir spasial pesertadidik MAN Yogyakarta 1, (2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir spasial antara pesertadidik laki-laki dan perempuan, dan (3) mengetahui perbedaan hasil pembelajaran antara citra penginderaan jauh dengan resolusi spasial tinggi, sedang dan rendah dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial pesertadidik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimen dengan desain nonequivalent control. Populasi dalam penelitian ini adalah pesertadidik MAN Yogykarta 1. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan tes. Instrumen yang digunakan berupa 28 butir soal spatial thinking yang disusun dengan menggunakan citra penginderaan jauh multiresolusi yaitu resolusi tinggi (Ikonos), sedang (ALOS) dan rendah (Landsat 123) pada materi pembelajaran penginderaan jauh. Analisis dilakukan dengan uji-t dan Anova menggunakan software SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra penginderaan jauh efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial pesertadidik setelah dilakukan uji t dengan nilai t = -10,41 pada p = 0,00 (}, url = {http://eprints.uny.ac.id/13922/} }