%T HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GASAL SMA N 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %D 2014 %L UNY13909 %A Triea Ardianti Puspitasari %X Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara: (1) kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia dan (2) kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia pada materi Hukum-hukum Dasar Kimia. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Rancangan yang digunakan adalah rancangan satu cuplikan dengan tiga variabel. Kemampuan verbal dan penalaran merupakan variabel bebas. Prestasi belajar ilmu kimia peserta didik merupakan variabel terikat. Populasi pada penelitian ini berjumlah 288 peserta didik, dan sampel berjumlah 86 peserta didik kelas X semester gasal SMA N 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan valid dan reliabel terdiri atas 20 butir soal kemampuan verbal, 17 butir soal kemampuan penalaran, dan 22 butir soal prestasi belajar peserta didik. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan analisis korelasi Speraman Rank. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan antara: (1) kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia (rs = 0,360) dan (2) kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia (rs = 0,487) pada materi Hukum-hukum Dasar Kimia.