<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan perangkat\r\npembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning, (2) peningkatan\r\npenguasaan konsep peserta didik setelah mengunakan perangkat pembelajaran\r\nyang dikembangkan, (3) ketercapaian keterampilan peserta didik dalam\r\nmemecahkan masalah setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang\r\ndikembangkan, dan (4) ketercapaian sikap kerjasama peserta didik setelah\r\nmenggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang\r\nberorientasi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model\r\npengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat\r\npembelajaran dikembangkan menggunakan pendekatan Problem Based Learning.\r\nPerangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Perangkat\r\nlain yang diterapkan dalam penelitian ini berupa lembar observasi sikap, evaluasi\r\npenguasaan konsep dan keterampilan memecahkan masalah (pretest-posttest),\r\nserta angket. Sebelum diujicobakan, perangkat pembelajaran divalidasi oleh dosen\r\nfisika dan guru fisika MAN Yogyakarta III kemudian diujicobakan di kelas X\r\nMIA 3 MAN Yogyakarta III. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik\r\ndeskriptif dengan rata-rata, persentase dan gain. Reliabilitas instrumen\r\nmenggunakan percentage of agreement.\r\nHasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) memperoleh perangkat\r\npembelajaran berbasis Problem Based Learning dengan kategori penilaian baik\r\ndan sangat baik, serta mempunyai nilai reliabilitas lebih dari 75% sehingga layak\r\ndigunakan, (2) peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah\r\nmenggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan rata-rata sebesar\r\n35,2% dengan standar gain 0,67 dalam kategori sedang, (3) ketercapaian\r\nketerampilan peserta didik dalam memecahkan masalah setelah menggunakan\r\nperangkat pembelajaran yang dikembangkan rata-rata sebesar 92,49% dengan\r\nstandar gain sebesar 0,65 dalam kategori sedang, dan (4) ketercapaian sikap\r\nkerjasama peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang\r\ndikembangkan rata-rata sebesar 91,44%."^^ . "2015-01-15" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Rusdina"^^ . "Ratna Pertiwi"^^ . "Rusdina Ratna Pertiwi"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA (Text)"^^ . . . "Rusdina Ratna Pertiwi.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #13903 \n\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN KERJASAMA SISWA SMA\n\n" . "text/html" . . . "Fisika"@en . .