%0 Thesis %9 S1 %A Sari, Rustika Nur Cahya %B Pendidikan Kimia %D 2014 %F UNY:13900 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T STUDI MISKONSEPSI PADA MATERI ASAM BASA DALAM BUKU TEKS KIMIA SMA EDISI BILINGUAL DAN BAHASA INGGRIS %U http://eprints.uny.ac.id/13900/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada konsep asam basa dalam buku teks kimia SMA kelas XI edisi bilingual dan bahasa Inggris dan memberikan penjelasan sebagai penyelesaian atas miskonsepsi yang terjadi. Penelitian ini bersifat deskriptif untuk mengetahui konsep asam basa pada buku teks kimia SMA kelas XI edisi bilingual dan bahasa Inggris yang mengandung miskonsepsi berdasarkan instrumen kebenaran konsep. Sample terdiri dari 2 buku teks kimia edisi bilingual dan 5 buku teks kimia edisi bahasa inggris kelas XI dari pengarang dan penerbit yang berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kebenaran konsep. Instrumen kebenaran konsep digunakan sebagai referensi untuk menganalisis miskonsepsi pada konsep asam basa. Hasil penelitian menunjukkan adanya miskonsepsi dan potensi miskonsepsi pada konsep asam basa di buku teks kimia edisi bilingual dan bahasa Inggris seperti (1) miskonsepsi pada teori asam basa Bronsted-Lowry; (2) miskonsepsi pada teori asam basa Arrhenius; (3) miskonsepsi pada kekuatan asam basa; (4) miskonsepsi pada perhitungan pH asam kuat; (5) miskonsepsi pada penulisan reaksi reversibel.