TY - THES ID - UNY13889 Y1 - 2014/06/24/ PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam TI - STUDI MISKONSEPSI PADA POKOK BAHASAN REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA PADA BUKU TEKS KIMIA SMA EDISI BILINGUAL DAN BAHASA INGGRIS A1 - Sari, Dini Permata AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep-konsep yang mengalami miskonsepsi pada pokok bahasan redoks dan sel elektrokimia pada buku teks kimia SMA edisi bilingual dan bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kebenaran konsep pada redoks dan sel elektrokimia. Pada analisis data, konsep-konsep dalam buku teks kimia dibandingkan dengan instrumen kebenaran konsep. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Empat buku teks kelas X dan tiga buku teks kelas XII digunakan sebagai sampel. Sebagai tambahan, terdapat dua buku teks berbahasa Inggris dari Malaysia dan Inggris. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya miskonsepsi dan potensi miskonsepsi pada buku teks. Miskonsepsi pada buku teks meliputi (1) definisi reaksi redoks berdasarkan pelepasan dan penerimaan oksigen, (2) definisi bilangan oksidasi, (3) penyetaraan reaksi menggunakan metode setengah reaksi dalam suasana basa, (4) penggunaan istilah ?E° Oksidasi?, dan (5) contoh reaksi redoks. Potensi miskonsepsi pada buku teks meliputi (1) definisi reaksi redoks berdasarkan transfer elektron dan bilangan oksidasi, (2) aturan penentuan bilangan oksidasi, (3) reduktor dan oksidator, (4) penyetaraan reaksi menggunakan metode bilangan oksidasi, (5) potensial standar dan potensial sel, nilai E°, (6) elektroda inert dan aktif, (7) penulisan reaksi pada sel elektrolisis, dan (8) contoh dan soal-soal pada sel elektrokimia. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/13889/ ER -