eprintid: 13867 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/01/38/67 datestamp: 2015-04-06 00:22:10 lastmod: 2019-01-29 19:23:26 status_changed: 2015-04-06 00:22:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aliffia Rosi, Devitasari title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS V SD N 2 DUKUTALIT JUWANA PATI ispublished: pub subjects: D9 subjects: E1 subjects: pssd divisions: fip_pgsd full_text_status: public keywords: keterampilan menulis karangan deskripsi kelas V SD, metode field trip abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 2 Dukutalit, Juwana, Pati melalui metode field trip. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Dukutalit yang berjumlah 22 siswa. Model penelitian ini menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi guru dan siswa, dan tes. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan deskripsi dan dokumentasi hasil penelitian dalam bentuk foto. Pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode field trip dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Dukutalit. Peningkatan proses dapat dilihat dari minat belajar siswa yang meningkat, siswa menjadi aktif dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan hasil menulis karangan deskripsi siswa menjadi lebih baik. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi pada kondisi awal sebesar 53,76 pada siklus I meningkat menjadi 65,35 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 74,28. Peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM dalam menulis karangan deskripsi pada kondisi awal sebesar 14%, siklus I 36% danpada siklus II meningkat menjadi 81%. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi kelas V SD, metode field trip date: 2014 date_type: published institution: PGSD department: Fakultas Ilmu Pendidikan thesis_type: skripsi citation: Aliffia Rosi, Devitasari (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS V SD N 2 DUKUTALIT JUWANA PATI. S1 thesis, PGSD. document_url: http://eprints.uny.ac.id/13867/1/Skripsi_Aliffia%20Rosi%20Devitasari_09108241004.pdf