@phdthesis{UNY13860, month = {March}, author = {- Megasari}, title = {PENGARUH TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL}, school = {PGSD}, year = {2014}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh tipe kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ngawen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis survey. Populasi penelitian adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngawen dengan jumlah 188 guru. Jumlah sampel diambil berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan sebanyak 118 guru. Pengambilan sampel secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pengujian validitas instrumen dengan teknik korelasi product moment Karl Pearson dan reliabilitas dengan rumus Cronbach?s Alpha dan uji coba dilakukan terhadap 30 guru dari 4 SD di wilayah Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Uji Hipotesis menggunakan analisis chi square. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh tipe kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul karena harga chi square hitung ternyata lebih besar dari tabel (8,24{\ensuremath{>}}5,991). Hasil analisis data menyatakan bahwa terdapat pengaruh sangat rendah antara tipe kepemimpinan otoriter terhadap kepuasan kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi atau {\ensuremath{\rho}} sebesar 0,052, pengaruh sangat rendah antara tipe kepemimpinan bebas terhadap kepuasan kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi atau {\ensuremath{\rho}} sebesar 0,045, dan pengaruh kuat antara tipe kepemimpinan bebas terhadap kepuasan kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi atau {\ensuremath{\rho}} sebesar 0,707. Kepuasan kerja guru paling rendah karena pengaruh tipe kepemimpinan kepala sekolah otoriter yaitu 26,27\%, tipe kepememimpinan kepala sekolah bebas memberikan pengaruh sebesar 27,97\% terhadap kepuasan kerja guru, sedangkan kepuasan kerja guru paling tinggi karena pengaruh tipe kepemimpinan demokratis sebesar 45,76\%. Kata-kata kunci: tipe kepemimpinan kepala sekolah, kepuasan kerja guru}, url = {http://eprints.uny.ac.id/13860/} }