TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diberikan IKQ, (2) perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran tanpa diberikan IKQ, (3) perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan IKQ dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan IKQ, (4) perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan IKQ dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan IKQ di kelas X SMA N 10 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 1 SMA N 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 165 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas yang melaksanakan pembelajaran dengan diberikan IKQ (A1) dan kelas kontrol (A2) yang melaksanakan pembelajaran tanpa diberikan IKQ. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan uji anakova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pemberian IKQ dapat meningkatkan motivasi belajar kimia kelas eksperimen secara signifikan dengan harga thitung ¬> ttabel. Kelas kontrol juga mengalami peningkatan motivasi belajar. Apabila membandingkan skor motivasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen didapatkan hasil tidak adanya perbedaan yang signifikan (thitung