eprintid: 13853 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 1211 dir: disk0/00/01/38/53 datestamp: 2015-03-24 04:40:23 lastmod: 2019-01-29 19:22:54 status_changed: 2015-03-24 04:40:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PERTIWI, WULAN KURNIA corp_creators: Saliman title: PENGEMBANGAN BLOG SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII DENGAN TEMA INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN SOSIAL ispublished: pub subjects: A1 subjects: D2 subjects: media_pend subjects: pendidikan_ips subjects: pendidikan_other divisions: fis_pend_ips full_text_status: public abstract: Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu kurangnya ketersediaan blog sumber belajar IPS yang sesuai untuk digunakan oleh siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan blog sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS dengan tema interaksi manusia dan lingkungan sosial untuk siswa SMP kelas VII, dan 2) mengetahui kelayakan blog sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS dengan tema interaksi manusia dan lingkungan sosial untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, dan 4) validasi serta uji coba. Produk blog sumber belajar IPS divalidasi oleh ahli materi dan ahli sumber belajar. Uji coba dilakukan di SMPN 2 Depok, Sleman oleh 31 siswa kelas VII A. Data validasi terhadap aspek sahih (valid), tingkat kepentingan, kebermanfaatan, learnability, dan menarik minat diperoleh dari ahli materi; data validasi terhadap aspek usability, system navigasi, graphic design, contents, compatibility, loading time, functionality, accessibility, dan interactivity diperoleh dari ahli sumber belajar; dan data uji penggunaan sumber belajar diperoleh dari siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi dan ahli sumber belajar, pedoman wawancara siswa dan lembar observasi penggunaan produk oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penelitian menghasilkan blog sumber belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan sosial. Blog ini dibuat menggunakan blogspot dengan alamat blog-belajarips.blogspot.com. Blog sumber belajar yang dihasilkan memuat beberapa komponen dalam pembelajaran seperti Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), materi IPS, evaluasi, dan profil pengembang serta didukung oleh beberapa tampilan berupa teks, gambar, dan video. 2) blog sumber belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan sosial hasil pengembangan layak digunakan berdasarkan a) hasil validasi ahli materi sebesar 4,13 atau “baik”, b) hasil validasi ahli sumber belajar sebesar 4,60 atau “sangat baik”, dan c) hasil ujicoba oleh siswa yang memberikan tanggapan “baik”. Secara umum blog sumber belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan sosial yang dikembangkan layak digunakan. Kata kunci: blog, sumber belajar, IPS. date: 2015 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Sosial department: Ilmu Pengetahuan Sosial thesis_type: skripsi citation: PERTIWI, WULAN KURNIA (2015) PENGEMBANGAN BLOG SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII DENGAN TEMA INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN SOSIAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. document_url: http://eprints.uny.ac.id/13853/1/Skripsi%2010416244040%20WULAN%20KURNIA%20PERTIWI.swf