@phdthesis{UNY13833,
          school = {PGSD},
            year = {2014},
           month = {January},
          author = {Yuliastuti Heni},
           title = {MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKOWUWUH},
        abstract = {Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  Matematika siswa kelas IV SD Negeri Sukowuwuh kecamatan Bener   kabupaten Purworejo pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan  melalui  proses  kolaborasi  antara  peneliti  dan  guru  kelas  dengan subjek  penelitiannya  siswa  kelas  IV SD Negeri  Sukowuwuh  kecamatan  Bener Kabupaten  Purworejo  sebanyak  28 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki  dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Mc Taggart.  Penelitian  dilaksanakan  dalam  dua  siklus.  Metode  pengumpulan  data dalam  penelitian   ini  menggunakan   tes  dan  observasi.  Data  yang  diperoleh dianalisis dengan teknik Statistik Deskriptif Kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran  dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata siswa pada tiap siklusnya.  Peningkatan  hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 15,71 dari kondisi  awal  50 meningkat  menjadi  65,71 	dan pada siklus  II meningkat sebesar 8,57  dari 65,71 pada siklus I menjadi 74,28.


Kata  kunci:  hasil  belajar,  penjumlahan  dan  pengurangan  pada  bilangan  bulat, model pembelajaran koopertaif tipe STAD.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/13833/}
}