TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/13818/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran ?Chemist Trip? berbasis chemo-edutainment untuk materi ajar asam dan basa pada pembelajaran kimia SMA kelas XI dan mengetahui kualitasnya berdasarkan penilaian guru kimia SMA dan peserta didik kelas XI. Model pengembangan pada penelitian ini mengikuti model ADDIE dan prosedur pengembangan media pembelajaran ?Chemist Trip? terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, tahap penilaian produk, dan tahap analisis data. Penilaian kualitas produk dilakukan berdasarkan komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, kemudahan penggunaan, dan muatan chemo-edutainment menggunakan angket dengan skala Likert. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran ?Chemist Trip? untuk materi ajar asam dan basa pada pembelajaran kimia SMA/MA kelas XI yang dapat dioperasikan pada PC atau laptop. Kualitas media pembelajaran ?Chemist Trip? berdasarkan penilaian reviewer (Guru Kimia SMA/MA) diperoleh skor rata-rata 102,2 yang berada dalam rentang skor 85 < X ? ? 105 dengan kategori Baik (B), sedangkan nilai persentase keidealan produk sebesar 81,76%. M1 - skripsi A1 - Fitriani, Ika Nur TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF ?CHEMIST TRIP? BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT UNTUK MATERI AJAR ASAM DAN BASA PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS XI PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam AV - public Y1 - 2014/04// ID - UNY13818 ER -