%L UNY13792 %A Irwanto - %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Ensiklopedia Energi yang Lebih Baik untuk Indonesia sebagai sumber belajar kimia peserta didik SMA/MA dan menentukan kualitas ensiklopedia yang dihasilkan berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA sebagai reviewer ditinjau dari kriteria mutu (standar) buku nonteks pelajaran yang meliputi kelayakan isi/materi, penyajian, bahasa dan gambar, serta kegrafikaan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural meliputi lima tahapan, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian produk, dan analisis data. Ensiklopedia yang disusun memuat 15 bab tentang sumber energi terbarukan (renewable energy) dan tidak terbarukan (non renewable energy). Produk awal ditinjau oleh 3 peer reviewer dan 1 ahli media sekaligus ahli materi pembelajaran. Produk akhir dinilai oleh 5 reviewer, yaitu guru kimia SMA/MA. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang terdiri dari 34 kriteria. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Ensiklopedia Energi yang Lebih Baik untuk Indonesia. Ensiklopedia yang dikembangkan memperoleh skor akhir rata-rata (X ̅) sebesar 149,20. Berdasarkan hasil penilaian oleh lima reviewer, produk akhir ensiklopedia memperoleh kategori kualitas sangat baik (SB). Oleh karena itu, Ensiklopedia Energi yang Lebih Baik untuk Indonesia layak digunakan sebagai sumber belajar kimia peserta didik SMA/MA. %T PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ENERGI YANG LEBIH BAIK UNTUK INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA/MA %D 2014 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam