TY - THES A1 - MAHARDIKA, ISWARI PB - Fakultas Ilmu Sosial N2 - Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPS dengan menggunakan metode snowball throwing pada siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Temanggung; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode snowball throwing pada siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau classroom action research dan mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 4 Temanggung dengan jumlah 36 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket,observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Kriteria keberhasilan tindakan ini adalah apabila rata-rata persentase indikator aktivitas dan hasli belajar siswa mencapai persentase di atas 76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode snowball throwing mulai dari siklus 1 sampai siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil melalui pengamatan ini menunjukan: 1) aktivitas belajar siswa bertambah, terbukti dengan persentase peningkatan 13,35% dari siklus pertama 71,06% menjadi 84,41%. Hasil Observasi ini dikuatkan oleh hasil penilaian angket yang menunjukkan peningkatan aktivitas belajar sebesar 10,19% dari siklus pertama 76,90% menjadi 87,09% 2) Hasil belajar siswa bertambah terbukti dengan persentase peningkatan hasil posttest 67,64% menjadi 86,12%. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Snowball Throwing Y1 - 2014/// UR - http://eprints.uny.ac.id/13758/ TI - UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 TEMANGGUNG AV - public ID - UNY13758 M1 - skripsi ER -