TY - THES PB - PGSD A1 - Andria, Natalia Y1 - 2015/03/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media dokumen pribadi pada siswa kelas V SDN Pelemsari Bokoharjo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Pelemsari Bokoharjo Prambanan Sleman tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data statistik deskriptif digunakan untuk mencari rerata, sedangkan data kualitatif digunakan untuk mencari model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dokumen pribadi dapat meningkatkan kualitas proses keterampilan menulis karangan deskripsi. Aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan tata tulis dan ejaan yang benar dapat meningkat. Hal ini menyebabkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan dokumen pribadi pada siklus I sebesar 8,70,kondisi awal 65, meningkat pada Siklus I menjadi 73,70. Peningkatan siklus II sebesar 16,16 meningkat menjadi 81,16. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi,media dokumen pribadi UR - http://eprints.uny.ac.id/13737/ M1 - skripsi ID - UNY13737 TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA DOKUMEN PRIBADI SISWA KELAS V SDN PELEMSARI BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN AV - restricted ER -