TY - THES Y1 - 2014/03/14/ ID - UNY13733 AV - public A1 - Dwiana, Lisa TI - PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS X BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam M1 - skripsi N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas X berbasis Inquiry Science Laboratory dan mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas X berbasis Inquiry Science Laboratory yang telah dikembangkan menurut penilaian guru SMA. Metode pengembangan yang digunakan mencakup 3 langkah yaitu, (1) tahap perencanaan, (2) tahap pengorganisasian, (3) tahap pengembangan dan produksi. Produk hasil pengembangan kemudian ditinjau oleh peer reviewer, ahli materi dan ahli media. Produk yang telah melalui tahap revisi kemudian dinilaikan kepada 5 guru kimia SMA untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum yang dikembangkan. Penilaian produk mencakup 8 aspek yaitu aspek penulisan dan organisasi buku petunjuk praktikum, aspek kebenaran konsep kegiatan, aspek kedalaman materi, aspek kejelasan kalimat dan tingkat keterbacaan, aspek muatan inquiry, aspek tingkat keterlaksanaan kegiatan praktikum, aspek penilaian hasil belajar dan aspek tampilan bentuk fisik buku petunjuk praktikum. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas X berbasis inquiry science laboratory yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan prosedural yang diadaptasi dari strategi pengembangan Brog & Gall. Secara keseluruhan buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas X berbasis inquiry science laboratory memiliki nilai 4,616 dari nilai maksimal 5. Buku petunjuk praktikum kimia yang dikembangkan memiliki kategori kualitas sangat baik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan praktikum kimia di sekolah untuk siswa kelas X. UR - http://eprints.uny.ac.id/13733/ ER -