%L UNY13724 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada aktivitas dan hasil belajar kimia antara peserta didik kelas eksperimen Group Investigation (GI) dan Lecture Bingo (LB), serta model pembelajaran yang lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia peserta didik pada materi Laju Reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent groups design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 1 SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 187 peserta didik dan terbagi dalam enam kelas. Sampel penelitian berjumlah 61 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen LB (A2) dan kelas eksperimen GI (A3), yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data pengetahuan awal kimia, data aktivitas belajar kimia, serta data hasil belajar kimia peserta didik. Data ini kemudian dianalisis menggunakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan pada aktivitas dan hasil belajar kimia antara peserta didik kelas eksperimen Group Investigation (GI) dan Lecture Bingo (LB), serta penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia peserta didik SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 dibandingkan penerapan model pembelajaran Lecture Bingo (LB), khususnya pada materi Laju Reaksi. %A Nugrowati Ratnaningrum %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %D 2014 %T KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN LECTURE BINGO (LB) PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014