%0 Thesis %9 S1 %A Nur, Widayati %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2014 %F UNY:13707 %I PGSD %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA BILANGAN PECAHAN MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER SISWA KELAS IV SD NEGERI DEPOK I SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 %U http://eprints.uny.ac.id/13707/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada bilangan pecahan melalui penerapan teori belajar Bruner siswa kelas IV SD Negeri Depok I Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, menggunakan model Kemmis and Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVb SD Negeri Depok I Sleman Yogyakarta berjumlah 34 siswa, 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada bilangan pecahan melalui penerapan teori belajar Bruner. Setting penelitian mengambil ruang di kelas IVb. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur hasil tes menggunakan deskriptif kuantitatif. Sedangkan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif adalah hasil observasi pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan teori belajar Bruner pada siklus II yang menggunakan dan memperhatikan media yang konkret serta fleksibel dapat meningkatkan hasil belajar pecahan pada siswa kelas IVb SD Negeri Depok I Sleman. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas 50,97. Sesudah dilaksanakannya tindakan siklus I dan siklus II maka hasil belajar meningkat. Nilai rata-rata pada siklus I 71,91 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35. Persentase ketuntasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 14,71%. Pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 52,94% dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa menjadi 82,35%. Kata Kunci : Hasil belajar pecahan, teori belajar Bruner