%0 Thesis %9 S1 %A Dwi, Werdiningsih %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:13654 %I PGSD %T IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI KALIGESING PURWOREJO %U http://eprints.uny.ac.id/13654/ %X Siswa memperoleh pengalaman-pengalaman secara langsung dengan berpartisipasi sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Sementara itu, partisipasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Kaligesing pada mata pelajaran IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa melalui metode tutor sebaya dalam mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri Kaligesing, Purworejo. Partisipasi belajar siswa berupa partisipasi kontributif maupun inisiatif. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas VI SD Negeri Kaligesing yang berjumlah 24 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah partisipasi belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Kaligesing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri Kaligesing melalui metode tutor sebaya. Tutor bertugas mengkondisikan anggotanya agar tetap fokus dengan pekerjaannya dan hasilnya lebih efektif. Rata-rata partisipasi belajar yang diperoleh sebesar 84,26% dengan peningkatan 21,30% dari siklus sebelumnya. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata partisipasi belajar siswa dari sebelum tindakan sampai siklus II secara berturut-turut 48,96% dan 62,96% dengan peningkatan sebesar 14%. Kata kunci: partisipasi belajar, metode tutor sebaya, siswa kelas VI Sekolah Dasar