@misc{UNY1358, month = {January}, title = {Penataan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa SD Kelas I dan II}, author = {Hesti Mulyani, et al.}, publisher = {UNY}, year = {2009}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk penataan bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa SD kelas I dan II yang sinkron dengan kurikulum yang berlaku. Selain itu, juga merumuskan bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa SD kelas I dan II yang sederhana dan menyenangkan bagi siswa dan mudah dibelajarkan, dan membuat contoh bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa SD yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa kelas I dan II. Desain dalam penelitian ini adalah mencoba mengeksplorasi secara mendasar bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa di SD kelas I dan II yang tepat sasaran. Penelitian ini dilakukan dengan analisis isi (content analysis) dan eksperimentasi dalam bentuk contoh penyusunan bahan ajar. Penelitian ini berhasil menyusun draf buku ajar mata pelajaran bahasa Jawa SD kelas I ditata dengan urutan tema sebagai berikut (1) dolanan Jawa dijabarkan dalam bentuk materi permainan; (2) wisata dijabarkan dalam bentuk materi pembelajaran untuk mendeskripsikan pengalaman siswa pada saat berlibur; (3) urip padinan dijabarkan dalam bentuk materi bermain dengan bernyanyi dan melihat keadaan di sekitar rumah siswa, misalnya di sawah; (4) pamit sekolah dijabarkan dalam bentuk materi melaksanakan kewajiban sehari-hari pada saat pagi hari sebelum berangkat sekolah dan cara berpamitan dengan orang tua; dan (5) kabudayan Jawa dijabarkan dalam bentuk materi membaca dan menulis, nonton wayang. Draf buku ajar mata pelajaran bahasa Jawa SD kelas II ditata dengan urutan tema sebagai berikut (1) dolanan Jawa dijabarkan dalam bentuk materi permainan; (2) wisata dijabarkan dalam bentuk materi pembelajaran untuk mendeskripsikan pengalaman siswa pada saat berlibur; (3) urip padinan dijabarkan dalam bentuk materi bermain dengan bernyanyi dan melihat keadaan di sekitar rumah siswa, misalnya di sawah; (4) pamit sekolah dijabarkan dalam bentuk materi melaksanakan kewajiban sehari-hari pada saat pagi hari sebelum berangkat sekolah dan cara berpamitan dengan orang tua; (5) kabudayan Jawa dijabarkan dalam bentuk materi membaca dan menulis, nonton wayang. Penataan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa SD Kelas I dan II By: Abstract This study aims at finding the design of the materials for teaching and learning Javanese language for grade I and II of a primary school in line with the current curriculum. It also formulates the materials for teaching and learning Javanese language for Grade I and II which are simple, fun, and easy for the students to learn, and develops examples of materials for teaching and learning Javanese language appropriate to the level of understanding of the first and the second graders. The design in this research is to try to fundamentally explore the materials for teaching and learning Javanese language for grade I and II of a primary school which are right on target. This research is content analysis and experimentation in the form of sample preparation of the materials. This study succeeded in preparing the materials draft for teaching and learning Javanese language for the first graders arranged with the sequence of the following themes (1) dolanan Jawa, presented in the form of game materials, (2) wisata, presented in the form of materials describing student?s experiences during vacation; (3 ) urip padinan, presented in the form of materials on playing by singing and examining things around the student?s house, for example in the field; (4) pamit sekolah, presented in the form of materials on students? daily duty in the morning before leaving for school and how to say goodbye to their parents; and (5) kabudayan Jawa, presented in the form of reading and writing materials, nonton wayang. The materials draft for teaching and learning Javanese language for the second graders is arranged with the sequence of the following themes (1) dolanan Jawa, presented in the form of game materials, (2) wisata, presented in the form of materials describing student?s experiences during vacation; (3) urip padinan, presented in the form of materials on playing by singing and examining things around the student?s house, for example in the field; (4) pamit sekolah, presented in the form of materials on students? daily duty in the morning before leaving for school and how to say goodbye to their parents; (5) kabudayan Jawa, presented in the form of reading and writing materials, nonton wayang. }, url = {http://eprints.uny.ac.id/1358/} }