%0 Thesis %9 S1 %A Pramudya, Ikranagara %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:13568 %I PGSD %T PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 KEJOBONG PURBALINGGA %U http://eprints.uny.ac.id/13568/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dengan pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran IPS kelas kelas V SD Negeri 1 Kejobong Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model siklus Stephen Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Kejobong Purbalingga, berjumlah31 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian adalah kedisiplinan siswa dalam pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Kejobong Purbalingga meningkat setelah diberikan tindakan dengan pemberian reward dan punishment. Pemberian reward berupa pujian, penghormatan, pemberian hadiah, dan tanda penghargaan. Pemberian punishment berupa punishment preventif dan punishment represif.Rata-rata kedisiplinan siswa setelah diberikan tindakan pada siklus I 74,52% dan pada siklus II 87,62%. Rata-rata kedisiplinan tersebut sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan oleh peneliti. Kata kunci: reward, punishment, kedisiplinan siswa, pembelajaran IPS