%L UNY13542 %A Nugrananda Janattaka %I UNY %T Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Jimbung Klaten %D 2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan metode Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi . Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar obsrvasi siswa,dan dokumentasi, . Data hasil observasi guru dan siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu ketuntasan belajar siswa dalam keterampilan berbicara mencapai 75%. Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 4 SD Negeri 1 Jimbung Klaten. Dari aktivitas pra tindakan sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan pada pra-tindakan, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 22 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 68% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 29 siswa dengan persentase 90.62%.