%D 2015 %T PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTUL %A Abiasa Tri Nugra Abiasa Tri Nugraha %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K persepsi, media gambar, pendidikan jasmani, sma negeri %X Belum diketahuinya persepsi guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran menggunakan media gambar di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data dengan skala psikologi. Instrumen yang digunakan terlebih dahulu diuji coba dengan menggunakan perhitungan validitas dari Karl Pearson dengan bantuan program SPSS 16 dan menunjukkan bahwa 3 item dinyatakan gugur karena memiliki nilai r hitung kurang dari r tabel. Selain itu juga diuji reliabilitasnya dengan rumus alpha cronbach dan menunjukkan bahwa nilai alpha sebesar 0,965. Subyek penelitian ini adalah semua guru pendidikan jasmani di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 39 guru dari 18 SMA Negeri di Bantul. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran menggunakan media gambar di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul adalah 5 guru (12,82%) kategori sangat positif, 6 guru (15,38%) kategori positif, 18 guru (46,15%) kategori cukup positif 8 guru (20,51%) kategori kurang positif dan 2 guru (5,13%) kategori sangat kurang positif. Frekuensi terbanyak sebesar 46,15% yaitu pada kategori cukup positif. %O 09601244099 %L UNY13504