%0 Thesis %9 S1 %A Dinar, Widyaningrum %A Sriawan, M.Kes, %B Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2014 %F UNY:13499 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T UPAYA PENCEGAHAN CEDERA OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN GODEAN %U http://eprints.uny.ac.id/13499/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa guru kadang masih membiarkan siswanya memakai sepatu yang kurang sesuai untuk aktivitas olahraga, bahkan membiarkan siswa tidak memakai sepatu saat pembelajaran di lapangan berlangsung. Ada juga guru yang melaksanakan pembelajaran hanya di tepi lapangan, padahal kontur tanah di area itu justru tidak rata dan banyak lubang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya pencegahan cedera yang telah dilakukan guru dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani agar dapat berjalan dengan tertib, lancar, dan selamat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek pada penelitian adalah guru Penjas di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Godean yang berjumlah 20 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan upaya pencegahan cedera oleh guru dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Godean sebanyak 10 guru dengan presentase 50% masuk dalam kriteria baik. Berdasarkan faktor pencegahan cedera lewat keterampilan dan sikap guru sebanyak 12 guru dengan presentase 60% masuk dalam kriteria baik, pencegahan cedera lewat pemanasan, latihan dan pendinginan sebanyak 9 guru dengan presentase 45% masuk dalam kriteria baik, pencegahan cedera lewat pengaturan waktu dan makanan sebanyak 9 guru dengan presentase 45% masuk dalam kriteria baik, pencegahan cedera lewat sarana, prasarana dan lingkungan sebanyak 10 guru dengan presentase 50% masuk dalam kriteria baik, pencegahan cedera lewat pakaian dan karakteristik olahraga tertentu sebanyak 9 guru dengan presentase 45% masuk dalam kriteria baik. Kata Kunci : Pencegahan Cedera, Pembelajaran Pendidikan Jasmani