TY - THES Y1 - 2015/03/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS menggunakan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas VA SD Negeri Golo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Golo berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VA SD Negeri Golo, Yogyakarta. Peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 15,2% pra tindakan sebesar 34,5% meningkat menjadi 49,7%. Peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus II sebesar 44,3%, pada pra tindakan 34,5% meningkat menjadi 78,8%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, nilai rata-rata siswa pada pra tindakan 39,6 meningkat menjadi 71,1 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,7 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa pada pra tindakan hanya sebesar 3,7% pada siklus I meningkat menjadi 55,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,5%. Kata kunci: keaktifan belajar, hasil belajar IPS, metode penemuan terbimbing PB - PGSD A1 - Irma Dewi, Fatmasari M1 - skripsi ID - UNY13498 AV - public TI - PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA UR - http://eprints.uny.ac.id/13498/ ER -