%I PGSD %D 2015 %T UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN KARANGKANDRI 04 CILACAP %A Yudhistira Dimas %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model Quantum Learning pada siswa kelas V SDN Karangkandri 04 Cilacap. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karangkandri 04 Cilacap yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan berpedoman pada desain Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Learning telah meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karangkandri 04 Cilacap. Peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara pada siklus I, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pada siklus II peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara terlihat dari siswa yang sudah berani bertanya serta menyatakan pendapat, dan banyak siswa yang memperlihatkan kepercayaan dirinya dalam berbicara. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karangkandri 04 Cilacap terlihat pada siklus I, yaitu sebesar 4,91, kondisi awal 67,5 meningkat menjadi 72,41. Persentase ketuntasan keterampilan berbicara pada siklus I 51,61%. Peningkatan keterampilan berbicara yang terjadi pada sikus II sebesar 1,41, kondisi awal 72,41, meningkat menjadi 74,35. Persentase ketuntasan keterampilan berbicara pada siklus II 90,32%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan model Quantum Learning, keterampilan berbicara siswa telah mengalami peningkatan secara bertahap. Kata Kunci: keterampilan berbicara, model Quantum Learning, Sekolah Dasar %L UNY13444