%I FIS %D 2012 %T Pemenuhan Hak-hak Konsumen Oleh PelakuUsaha Dalam Transaski Jual Beli Melalui Internet %A Kusuma Anindya %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak-hak konsumen yang dilaksanakan oleh pelaku usaha serta hambatan-hambatan yang dihadapi pihak pelaku usaha tersebut dalam melakukan upaya pemenuhan hak-hak konsumen dalam transaksi jual beli melalui internet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive yang meliputi, penjual (merchant), manajer, admin/ staf online, bendahara, pegawai pengepak barang, serta kurir di socialagencybaru.com, kost-net.com, dan sista smartzoper. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara dan dokumentasi. Untuk pemeriksaan dan keabsahan data digunakan cross check data dari wawancara dengan dokumentasi serta wawancara antar subyek. Analisis data dilakukan melalui tahap: reduksi data, unitilisasi/kategorisasi, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemenuhan hak konsumen yang dilakukan oleh ketiga pelaku usaha baik socialagencybaru.com, kost-net.com, serta sista smartzoper dilaksanakan dengan cukup baik antara lain meliputi, memberikan kompensasi ganti rugi atas ketidakutuhan barang yang konsumen terima (barang cacat) baik berupa penukaran dengan barang yang baru atau dengan layanan perbaikan apabila terdapat komponen elektronik yang rusak (khusus untuk konsumen kost-net.com), pihak penjual juga telah berupaya mengkonfirmasi ke jasa pengiriman barang atau ekspedisi jika terjadi keterlambatan pengiriman barang atau barang yang konsumen pesan tertukar, ketiga pelaku usaha dalam melakukan pelayanan tidak diskriminatif kepada pelanggan, baik member maupun non member dilayani secara adil. Meski sudah dilaksanakan dengan cukup baik, akan tetapi masih terdapat kekurangan dalam hal pemberian informasi terkait dengan harga barang, spesifikasi barang serta penyediaan media komplain/ keluhan. Adapun hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pemenuhan hak-hak konsumen antara lain terkait ketidakjelasan identitas/ alamat dari konsumen, perubahan harga secara mendadak dari suplier, konsumen tidak mengindahkan saran dari pelaku usaha, konsumen kurang memperhatikan tata cara berbelanja di online shop tersebut, estimasi waktu pengiriman barang terkadang tidak sesuai dengan waktu yang disepakati antara penjual dan pihak ekspedisi yang besangkutan, pegawai yang melakukan pengemasan barang kurang teliti dalam melihat faktur barang serta hambatan jejaring sosial yang digunakan. %L UNY13439