@phdthesis{UNY13433, title = {Metode Standard Setting untuk Ujian Nasional di Sekolah Dasar}, school = {UNY}, month = {May}, author = {Sri Rejeki}, year = {2013}, keywords = {standard setting, Ujian Nasional, sekolah dasar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/13433/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik hasil Cut Score Ujian Nasional (UN) di SD berdasarkan pengembangan implementasi metode Nedelsky, Angoff Ya/Tidak, Ebel, metode Bookmark. dan hasil modifikasi metode Ebel-Bookmark yang dikembangkan dalam penetapan Cut Score UN di SD; 2) mengetahui keyakinan/kepercayaan panelis terhadap implementasi metode Standard Setting untuk menetapkan Cut Score; 3) mengetahui akurasi implementasi metode Nedelsky, Angoff, Ebel, Bookmark serta modifikasi Ebel-Bookmark berdasarkan standar deviasi masing-masing metode; 4) mengembangkan dan mengimplementasikan metode Standard Setting berdasarkan pendekatan test centered dalam menetapkan Cut Score UN di SD. Proses penetapan standar menggunakan soal UASBN SD di DIY tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini melibatkan guru SD di DIY, sebagai panelis adalah sejumlah 10 guru pada putaran 1 dan 16 guru pada putaran 2, 8 pakar dan 1650 hasil pekerjaan siswa.Penelitian ini menggunakan langkah pengembangan model Thiagarajan dengan 4D (define, design, develop, dissemination). Penelitian ini dilakukan mengikuti prosedur dan an{\'a}lisis data dalam metode Nedelsky, Angoff Ya/Tidak, Ebel, Bookmark dan modifikasi Ebel-Bookmark. Analisis item menggunakan program ITEMAN dan Bilog MG dengan 1 Parameter Logistik (1PL). Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. 1). Rerata Cut Score berdasarkan metode Nedelsky untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 28,44; Matematika 23,47; IPA 27. Rerata Cut Score metode Angoff Ya/Tidak untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebsesar 38,594; Matematika 32,82; IPA 33,24. Rerata Cut Score metode Ebel untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebsesar 80,75; Matematika 60,21; IPA 77,54. Rerata Cut Score metode Bookmark untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 51,63; Matematika 51,33; IPA 59,16. Cut Score modifikasi Ebel-Bookmark untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 81,27; Matematika 79,06; IPA 77,44 2). Keyakinan/kepercayaan panelis dalam implementasi metode Standard Setting untuk metode Bookmark sebesar 81,25\%; metode Angoff 68,75\%; modifikasi Ebel-Bookmark 62,50\%; metode Ebel 43,75\% dan metode Nedelsky 43,75\%. 3). Metode Bookmark lebih akurat dibandingkan dengan metode yang lain untuk menetapkan cut score mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika dalam UN SD 2009, modifikasi metode Ebel-Bookmark lebih akurat dibandingkan dengan metode lain untuk menetapkan cut score mata pelajaran IPA dalam UN SD 2009. 4). Penelitian ini menghasilkan panduan implementasi metode Standard Setting sesuai langkah-langkah dalam metode Nedelsky, Angoff Ya/Tidak, Ebel dan Bookmark serta modifikasi metode Ebel-Bookmark} }