eprintid: 13429
rev_number: 12
eprint_status: archive
userid: 1190
dir: disk0/00/01/34/29
datestamp: 2015-03-19 06:55:01
lastmod: 2019-01-29 19:09:45
status_changed: 2015-03-19 06:16:14
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Fitria, Indriyani
title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS 
MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK ABA GENDINGAN KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pssd_pgpaud
divisions: fip_paud
full_text_status: public
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada anak usia dini di kelompok A TK ABA Gendingan Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A di TK ABA Gendingan yang berjumlah 19 anak. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan motorik halus dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan motorik halus anak mencapai 80% dengan kriteria baik.
Hasil penelitian keterampilan motorik halus Pra Tindakan kriteria kurang baik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 47.3%. Hasil penelitian Siklus I kriteria cukup dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 62.2%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil Siklus II pencapaian kriteria baik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 84.1%. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan media dan alat yang digunakan di kegiatan menggunting, (2) memberikan contoh cara menggunting sesuai pola gambar, (3) membagikan media dan alat yang digunakan dalam kegiatan menggunting secara proporsional untuk setiap kelompok, (4) anak diperkenankan melakukan kegiatan menggunting dengan berbagai media sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru.

Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan menggunting dengan berbagai media, Kelompok A.
date: 2015-03-19
date_type: published
institution: PG PAUD
department: Fakultas Ilmu Pendidikan
thesis_type: skripsi
citation:   Fitria, Indriyani  (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK ABA GENDINGAN KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA.  S1 thesis, PG PAUD.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/13429/1/Fitria%20Indriyani_11111247036%20FIX.pdf