%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa aja jenis karya tulis ilmiah yang ditulis guru Sekolah Dasar Negeri Bakulan sebagai pengembangan profesi dan mendeskripsikan hambatan guru dalam menulis karya ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian yaitu 18 guru SD N Bakulan. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, dan studi dokumen. Metode analisis data menggunakan teknik deskripif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat 3 guru atau 17% yang sudah mampu menulis karya tulis ilmiah sebagai syarat pengembangan profesi, dalam bentuk PTK. Karya ilmiah PTK sudah sesuai dengan ketentuan tata tulis yang berlaku yaitu memahami aspek kebahasaan, sistematika, dan langkah penulisan laporan penelitian. Isi kajian yang ditulis sudah sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah. Organisasi isinya sudah padu dan sistimatika penulisannya juga sudah sesuai, tetapi terdapat sedikit kesalahan dalam penulisan kata. Sejumlah 15 guru atau 83% belum mampu menulis karya ilmiah sebagai pengembangan profesi. Guru tersebut belum memahami secara mendalam aspek kebahasaan, sistematika penulisan, dan langkah-langkah dalam penulisan karya tulis ilmiah. (2) Faktor penghambat yang mempengaruhi guru dalam menulis karya tulis ilmiah yaitu rendahnya motivasi menulis 28%, wawasan tentang karya ilmiah yang kurang 33%, penguasaan komputer yang rendah 6%, tidak mempunyai waktu menulis 22%, dan kesehatan yang ternganggu 11%. Kata kunci : pengembangan keprofesian, guru, faktor penghambat menulis karya ilmiah %A Setiyawan Sindu %I PGSD %T DESKRIPSI KEMAMPUAN GURU SD NEGERI BAKULAN DALAM MENULIS KARYA ILMIAH SEBAGAI PENGEMBANGAN PROFESI %D 2015 %L UNY13428