TY - THES TI - FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS V KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 A1 - Sofiana, Fuada N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan belajar IPS yang disebabkan oleh faktor intern dan faktor ekstern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa secara intern dan ekstern pada siswa Sekolah Dasar se-gugus V Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif ini adalah penelitian populasi seluruh siswa Sekolah Dasar se-gugus V Kecamatan Depok dan sampel berjumlah 89 siswa dengan menggunakan teknik sample populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner dengan instrumen penelitian berupa skala Likert, yaitu skala sangat sulit, sulit, sedikit sulit, tidak sulit. Instrumen diuji validitas dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dihitung menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V mengalami kesulitan belajar pada faktor internal yaitu: faktor perhatian mengalami sedikit kesulitan (43,26%), faktor minat (52,62%), kepribadian (49,16%) sedangkan bakat mengalami kesulitan(58,01%). Faktor eksternal yaitu: faktor metode mengajar (51,78%) dan guru (52,43%) mengalami sedikit kesulitan, sedangkan bahan pelajaran (57,77%) dan cara belajar (61,80%) mengalami kesulitan. Kata Kunci: kesulitan belajar, siswa SD,IPS Y1 - 2015/03/19/ PB - PGSD AV - public M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/13423/ ID - UNY13423 ER -